Pages

Subscribe:

Rabu, 20 Februari 2013

10 Satelit Pertama Yang Pernah Diluncurkan Di Dunia

Share on :
Satelit komunikasi adalah sebuah satelit buatan yang ditempatkan di angkasa dengan tujuan telekomunikasi. Satelit komunikasi modern menggunakan orbit geosynchronous, orbit Molniya atau orbit Bumi rendah. Untuk pelayanan tetap, satelit komunikasi menyediakan sebuah teknologi tambahan bagi kabel komunikasi kapal selam optik fiber. Untuk aplikasi bergerak, seperti komunikasi ke kapal laut dan pesawat terbang, di mana aplikasi teknologi lain, seperti kabel, tidak praktis atau tidak mungkin.


1. SPUTNIK 1:

Sputnik 1 adalah satelit buatan pertama yang diorbitkan, pada 4 Oktober 1957, milik Uni Soviet (Rusia). Sputnik diluncurkan dari Kosmodrom Baykonur, di Kazakhstan. Peluncuran Sputnik I yang merupakan buatan Uni Soviet pada saat puncak Perang Dingin mengejutkan dunia Barat, dan menyebabkan Amerika Serikat memulai space race (perlombaan antariksa) dengan Uni Soviet, serta gerakan untuk mereformasi pendidikan sains.

2. SCORE:

Project SCORE adalah satelit komunikasi pertama di dunia. Salelit ini diluncurkan dari sebuah roket bernama Atlas pada tanggal 18 Desember 1958, SCORE mencatat hasil tes pertama dari sistem relay komunikasi di ruang angkasa, sekaligus keberhasilan penggunaan pertama dari Atlas sebagai kendaraan peluncuran. Kejadian ini menarik perhatian dunia, diantaranya karena satelit ini berhasil menyiarkan pesan melalui frekuensi gelombang pendek dari Presiden AS Dwight D. Eisenhower melalui tape recorder on-board.

3. TIROS 1:

TIROS I (atau TIROS-1) adalah satelit cuaca pertama yang sukses, dan yang pertama dari serangkaian Satelit Observasi Televisi Inframerah. Ini diluncurkan oleh NASA dan mitra di 06:40 WIT pada April 1, 1960 dari Cape Canaveral, Florida, di Amerika Serikat.

4. ECHO:

ECHO 1 ialah satelit komunikasi pasif pertama Amerika Serikat. Terbuat dari balon metal, berdiameter 30 meter (ECHO 1) dan 42 meter (ECHO 2). Berturut-turut, kedua satelit itu diluncurkan pada tahun 1960 dan 1964 oleh NASA. Echo 1 merupakan satelit komunikasi pasif: berfungsi sebagai pemantul, bukan pemancar. Setelah ditempatkan di orbit bumi rendah, sinyal akan dikirim ke Echo, dipantulkan atau dilambungkan ke lepas permukaannya, lalu kembali ke Bumi. Echo 1 dapat dilihat dengan mata telanjang karena permukaannya yang bercahaya dan letaknya yang rendah; satelit ini akan nampak dari bawah 1 sisi pada cakrawala, lalu lenyap di cakrawala yang berseberangan setelah melintasi langit, begirupun dengan satelit LEO yang lain. Echo 2 digunakan untuk eksperimen komunikasi yang lebih pasif, dan juga meneliti dinamika kendaraan angkasa besar dan untuk geodesi geometri global. "ECHO" adalah singkatan dari "Experimental Contact Highlight Operation". "Echo" berarti "eco" dalam bahasa Inggris.

5. COURIER 1B:

Courier 1B adalah satelit repeater aktif pertama di dunia yang diluncurkan pada tanggal 4 Oktober 1960. Courier atau Kurir (Indonesia) dibangun oleh Palo Alto, California sebuah Labolaturium Pengembangan yang sekarang dikenal dengan Space Systems/Loral division of Loral Space & Communications. Satelit ini diprakarsai keinginan US Army Signal Corps yang memulai proyeknya pada bulan September 1958. Kurir menggunakan sekitar 19.000 sel surya dan merupakan satelit pertama yang menggunakan penyimpanan baterai nikel-kadmium. Satelit ini memiliki kecepatan transmisi pesan yang efektif dari 55.000 bit per detik.

6. OSCAR:

OSCAR adalah singkatan dari "Orbiting Satellite Carrying Amateur Radio". OSCAR adalah satelit yang menggunakan alokasi frekuensi radio amatir untuk memfasilitasi komunikasi antara stasiun radio amatir. Satelit ini dapat digunakan secara gratis oleh operator radio amatir berlisensi untuk suara (FM, SSB) dan data komunikasi (AX.25, radio paket, APRS). Saat ini lebih dari 20 satelit beroperasi penuh dalam orbit sebagai repeater, transponder linier dan relay digital. Sepanjang tahun satelit OSCAR telah membantu membuat terobosan dalam ilmu komunikasi satelit. Sebuah kemajuan beberapa termasuk peluncuran satelit pertama transponder suara (OSCAR 3) dan pengembangan yang sangat canggih digital "store-and-forward" teknik pesan transponder. Sampai saat ini, lebih dari 70 OSCAR telah diluncurkan.

7. TELSTAR:

Telstar adalah nama dari berbagai satelit komunikasi, termasuk satelit pertama yang menggunakan sinyal relay televisi.Dua satelit Telstar adalah hasil eksperimental yang memiliki dimensi dan bentuk hampir identik. Telstar 1 diluncurkan di atas sebuah roket Delta-Thor pada tanggal 10 Juli 1962. Satelit ini berhasil menyampaikan ruang gambar televisi pertama, panggilan telepon, gambar faks dan menyediakan gambar televisi pertama transatlantik. Telstar 2 diluncurkan 7 Mei 1963.

8. RELAY:

Program satelit Relay terdiri dari Relay 1 dan Relay 2. Keduanya merupakan eksperimen satelit komunikasi yang didanai oleh NASA dan dikembangkan oleh RCA. Pada tanggal 12 Januari 2009, kedua satelit masih berada di orbitnya masing-masing.Relay 1 menyediakan transmisi televisi pertama melintasi Samudera Pasifik.

9. SYNCOM:

Syncom dimulai sebagai sebuah program NASA 1961 untuk satelit komunikasi geosynchronous aktif, yang semuanya dikembangkan dan diproduksi oleh Hughes Space dan Komunikasi. Syncom 2, diluncurkan pada tahun 1963, geosynchronous satelit komunikasi pertama kali di dunia. Pada 1980-an, serial ini dilanjutkan dengan Syncom IV dengan dimensi satelit yang jauh lebih besar, juga diproduksi oleh Hughes. Satelit ini disewakan kepada militer Amerika Serikat di bawah program Leasat.

10. MOLNIYA:

Molniya (Rusia: "petir") adalah sistem satelit komunikasi militer yang digunakan oleh Uni Soviet. Satelit Molniya ditempatkan dalam orbit elips yang sangat eksentrik dikenal sebagai orbit Molniya, dicirikan oleh kemiringan 63,4 derajat dan periode sekitar 12 jam. Orbit tersebut memungkinkan satelit ini untuk tetap terlihat di situs di daerah kutub untuk waktu yang lama, tidak seperti satelit di orbit geosynchronous. Program Molniya disahkan oleh keputusan Pemerintah pada tahun 1960-an. Setelah beberapa kegagalan awal tahun 1964. Satelit operasional pertama, Molniya 1-01, berhasil diluncurkan pada tanggal 23 April 1965. Sejak Oktober 1967, satelit Molniya telah digunakan oleh Rusia untuk menyiarkan jaringan televisi Orbita nasional mereka.

Artikel Terkait

0 komentar:

Poskan Komentar