Pages

Subscribe:

Selasa, 31 Desember 2013

Kilas Balik (Kaleidoskop) Sepak Bola 2013

Share on :

7 Januari 2013 : Ballon d'Or ke-4 Lionel Messi
Pemain asal Argentina itu kembali menyabet gelar pemain terbaik dunia 2012. Ini merupakan gelar Ballon d'Or ketiga keempat yang diraih bintang Barcelona itu. Mengumpulkan 41,60 persen suara. Messi mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Andreas Iniesta. Empat tropi menjadi messi sebagai pemain yang paling banyak memiliki gelar Ballon d'Or.

16 Januari 2013 : Pep Guardiola gantikan Jupp Heynckes
Tim raksasa asal Jerman, Bayern Muenchen, mengumumkan rencana pergantian pelatih pada musim 2013/2014. Meskipun musim 2012/2013 belum sepenuhnya usai, manajemen Muenchen memilih segera mengumumkan Pep Guardiola sebagai pengganti Jupp Heynckes.

31 Januari 2013 : David Beckham bergabung dengan PSG
Mantan bintang Real Madrid David Beckham resmi bergabung dengan tim asal Perancis yakni Paris Saint-German (PSG) pada hari penutupan bursa transfer musim dingin Eropa. Beckham sepakat hijrah ke PSG dengan kesepakatan kontrak selama lima bulan. Di Inggris, Mario Balloteli juga memilih hijrah dari Manchester City dan kembali ke Italia dengan nilai transfer menjadi 19 juta pound, eks striker Inter Milan itu memilih berlabuh ke AC Milan.

7 Februari 2013 : Jamie Carragher umumkan rencana pensiun
Bek gaek Liverpool Jamie Carragher mengumumkan rencananya untuk pensiun pada akhir musim. Bek berusia 35 tahun itu memutuskan gantung sepatu setelah 17 musim mengenakan seragam the Reds.

10 Februari 2013 : Nigeria Juara Piala Afrika 2013
Kemenangan 0-1 atas Burkina Faso di partai final Piala Afrika 2013 mengantarkan Nigeria menyabet status sebagai tim terbaik daratan Afrika. Bagi tim Elang Super, ini adalah keberhasilan ketiga mengangkat trofi Piala Afrika. Sebelumnya Nigeria meraih titel tersebut pada tahun 1980 dan 1994.

19 Maret 2013 : Rencana pensiun Michael Owen
Mantan penyerang timnas Inggris, Liverpool dan Manchester United Michael Owen mengungkapkan rencana gantung sepatu pad akhir musim 2012/2013. Stroke City menjadi klub terakhir mantan striker Real Madrid itu. Owen memutuskan pensiun pada usia 33 tahun.

6 April 2013 : Bayern Muenchen amankan titel Bundesliga
Masih menyisakan enam partai lagi, Muenchen sudah mampu memastikan gelar Bundesliga musim 2012/2013. Kepastian itu didapat usai Arjen Robben dan kawan-kawan mengalahkan Eintracht Frankfurt 1-0. Muenchen memang tampil dominan di kancah Bundesliga. The Bavarian bahkan mengakhiri kompetisi dengan selisih 25 poin dari peringkat kedua, Borussia Dortmund.

 22 April 2013 : Manchester United pastikan Gelar Liga
Manchester United memastikan gelar ke-13 titel Liga Primer Inggris seusai mengalahkan Aston Villa 3-0 di Stadion Old Trafford. Ini menjadi pertama kalinya juara Liga Primer Inggris sudah dipastikan pada April setelah Chelsea melakukannya pada musim 2005/2006.

5 Mei 2013 : Juventus kembali menjadi juara Seri A Liga Italia
Juventus kembali menjadi juara Seri A Liga Italia musim ini setelah menang 1-0 atas Palermo. Satu-satunya gol dalam pertandingan itu dilesakkan Arturo Vidal lewat tendangan penalti. Kemenangan ini membuat perolehan poin mereka menjadi 83 dan memiliki selisih 14 poin dari peringan kedua Napoli dengan empat laga tersisa.

12 Mei 2013 : Barcelona dan PSG Juara Liga
Hasil imbang 1-1 yang diraih Real Madrid saat melawan Espanyol menasbihkan Barcelona sebagai juara La Liga Primera Spanyol. El Real yang telah melakoni 36 laga hanya mengoleksi 81 poin dengan dua sisa laga. Madrid sudah tak mampu lagi mengejar perolehan poin Barca yang kokoh di puncak klasemen dengan 88 poin. Barca masih memiliki empat laga tersisa.
Di saat yang sama, Paris Saints-German (PSG) juga memastikan sebagai juara Ligue 1 Prancis setelah mengalahkan Olympique Lyon 1-0. Ini merupakan gelar Ligue 1 pertama yang diraih PSG sejak 1994 atau yang ketiga dalam 43 tahun sejarah klub.

15 Mei 2013 : Chelsea Juara Liga Eropa
Tersingkir di gelaran Liga Champion tidak membuat Chelsea kehilangan semangat saat harus turun kasta ke Liga Eropa. Tim besutan Rafael Benitez itu mampu menorehkan prestasi mengilap, dua gol yang masing-masing dicetak Fernanod Torres dan Branislav Ivanovic mengantarkan the Blues membungkam wakil Portugal, Benefica 2-1. Ini merupakan gelar pertama tim asal London Barat itu di Liga Eropa.

25 Mei 2013 : Bayern Muenchen raih mahkota Liga Champions
Final LIga Champions yang digelar di Stadion Wembley memberi kisah bahagia buat Bayern Muenchen. Kemenangan 2-1 atas Borrusia Dortmund di final Liga Champions melengkapi trofi tim besutan Jupp Heynckes itu. Sebelumnya, Muenchen sukses meraih gelar Bundesliga. Dua gol Muenchen itu dicetak masing-masing oleh Mario Mandzukic dan Arjen Robben.

1 Juni 2013 : Sejarah The Bavarian
Bayern Muenchen kembali mencetak sejarah di sepak bola Jerman. The Bavarian menjadi tim Jerman pertama yang mampu meraih gelar Treble Winner. Muenchen menambah trofi Bundesliga dan Liga Champions dengan gelar Piala DFB Pokal. Di partai final, Muenchen menekuk Stuttgart 3-2.

30 Juni 2013 : Brasil Juara Piala Konfederasi 2013
Brasil membuktikan diri sebagai tim tersukses di ajang Piala Konfederasi. Bermain di depan pendukungnya sendiri, Brasil sukses merengkuh gelar keempat Piala Konfederasi mereka usai mengalahkan Spanyol 3-0 di partai puncak. Sebelumnya, Brasil menjadi jawara Piala Konfederasi pada tahun 1997, 2005 dan 2009.

24 Juli 2013 : Atletico Mineiro raih gelar pertama di Copa Libertadores
Klub asal Brasil, Atletico Mineiro, akhirnya memecahkan rekor tersendiri di sejarah tim. Untuk pertama kalinya, Atletico Mineiro meraih gelar Copa Libertadores usai mencukur wakil Paraguay, Olimpia 4-3, lewat adul penalti pada leg kedua babak final Copa Libertadores.

28 Juli 2013 : Amerika Serikat Juara Piala Emas 2013
Sukses mengalahkan Panama 1-0 di partai final, Amerika Serikat berhasil menjadi tim terbaik di gelaran Piala Emas 2013. Gol semata wayang  the Yanks dicetak Brek Shea pada menit ke-69. Koleksi trofi Piala Emas Amerika Serikat menjadi empat buah.

30 Agustus 2013 : Bayern Muenchen lengkapi kejayaan di kancah Eropa
Muenchen sukses memecundangi Chelsea di laga final Piala Super Eropa. Bermain imbang 2-2, laga pun berlanjut ke babak perpanjangan waktu dan babak adul penalti. Muenchen akhirnya menang 5-4 di babak adu penalti.

1 September 2013 : Rekor transfer Gareth Bale
Real Madrid mengumumkan perekrutan pemain asal Wales, Gareth Bale dari Tottenham Hotspur. Nilai transfer Bale sebesar 100 juta euro memecahkan rekor transfer sebelumnya yang digenggam Cristiano Ronaldo sebesar 94 juta euro.

2 September 2013 : Mesut Oezil merapat ke Arsenal
Dengan nilai transfer mencapai 42,3 juta pound dan tawaran kontrak selama lima tahun, Mesut Oezil akhirnya sepakat untuk hijrah ke London dan bergabung bersama Arsenal. Kedatangan Oezil ini seolah menjadi jawaban atas serangkaian kritik terkait geliat transfer pemain yang dilakukan pelatih Arsenal, Arsene Wenger.

18 Oktober 2013 : Pengambilalihan Inter Milan oleh Erick Thohir
Pengusaha asal Indonesia Erick Thohir resmi mengambil alih kepemilikan Inter Milan dari keluarga Morrati. Erick beserta tiga koleganya, Rosan Roeslani dan Handy Soetedjo, berhasil menguasai 70 persen saham La Beneamata. Kesepakatan ini pun tercapai antara Erick dan Presiden Inter Milan, Massimo Morrati.
Kabarnya, Erick mesti mengucurkan dana sebesar 250 juta euro demi mengambil alih 70 persen saham mayoritas Inter Milan. Secara efektif, Erick menguasai 30 persen saham, sementara keluarga Morrati tetap memegang 30 persen, sedangkan sisanya terbagi antara Roeslani dan Soetedjo.

8 November 2013 : Nigeria Juara Piala Dunia U-17
Menumbangkan salah satu favorit juara, Meksiko, Nigeria U-17 sukses merengkuh trofi Piala Dunia U-17. Dalam laga yang digelar di Abu Dhabi itu, Nigeria mampu mencukur Meksiko 3-0. Gelar ini menjadi gelar keempat Nigeria di turnamen tersebut.

15 November 2013 : Erick Thohir menjadi Presiden Inter Milan
Sekitar sebulan usai pengambilalihan kepemilikan Inter Milan, Erick Thohir secara resmi menggantikan posisi Massimo Morrati sebagai Presiden Inter Milan. Pengumuman ini pun sekaligus mengakhiri 18 tahun kepemimpinan Massimo sebagai Presiden Inter. Kendati begitu, keluarga Morrati masih tetap memiliki wakil di jajaran petinggi Inter Milan. Anak Massimo, Angelomario Morrati, duduk sebagai salah satu anggota dewan direksi. Sementara, Massimo diangkat sebagai presiden kehormatan Inter Milan.

6 Desember 2013 : Pengundian grup Piala Dunia 2014
Bertempat di Costa Do Sauipe, Brasil, FIFA telah melakukan pengundian putara grup Piala Dunia 2014. Berbagai kejutan muncul usai pengundian. Grup D dianggap grup neraka lantaran berisi tiga mantan juara dunia, Italia Inggris dan Uruguay. Sementara, satu tempat lagi dihuni wakil Amerika Utara, Kosta Rika.

21 Desember 2013 : Trofi kelima Bayern Muenchen di 2013
Muenchen menutup 2013 dengan prestasi gemilang. Gelar Piala Dunia Antarklub 2013 menjadi trofi kelima Muenchen sepanjang 2013. Gol Dante dan Thiago menghempaskan tim tuan rumah, Raja Casablanca.

sumber: ROL

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar