Pages

Subscribe:

Minggu, 22 April 2012

Jurusan di PTN (Part 2)

Share on :

KIMIA
Adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang terutama mempelajari sifat-sifat zat dan manfaatnya. Ilmu Kimia memperoleh momentum perkembangan dengan cepat ketika diketemukannya teknik-teknik dan peralatan-peralatan baru seperti: diafraktometer sinar X, mikroskop elektron dan sebagainya. Sehingga tidak diragukan peranan Kimia sebagai salah satu faktor pendukung utama perkembangan teknologi dewasa ini.
Kurikulumnya terdiri mata kuliah dasar seperti: Kimia fisik, Kimia organik, Kimia analitik dan Biokimia serta mata kuliah spesialisasi seperti : Fisika, Kima, Thermodinamika, Kimia Polimer, dsb.
Lapangan kerja bagi sarjana Kimia cukup luas dan beraneka ragam, baik di lembaga-lembaga pemerintahan maupun di perusahaan-perusahaan swasta, mulai dari pekerjaan penelitian untuk industri, sampai kependidikan dan penelitian dasar di perguruan tinggi, laboratorium-laboratorium dan industri-industri tekstil, makanan, Kimia, farmasi, perkebunan, pertambangan, perminyakan dan sebagainya memerlukan sarjana Kimia, jumlah tenaga ahli yang diperlukan serta aneka ragam pekerjaannya terus berkembang, seiring dengan perkembangan industri.

GEOGRAFI
Adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai hal tentang permukaan bumi, bentuk, proses terjadinya, sifat dari permukaan bumi tersebut serta kekayaannya/potensi yang terkandung di dalamnya (tanah, air, flora, fauna, mineral). Selain mempelajari berbagai hal tersebut satu persatu, Geografi lebih jauh lagi juga mempelajari hubungan antara hal-hal tersebut, serta yang lebih penting hubungan hal-hal tersebut dengan kehidupan serta tingkah laku manusia.
Di dalam ilmu geografi sendiri terdapat beberapa spesialisasi yang mengkhususkan diri pada masalah-masalah yang disebutkan diatas diantaranya: Geografi fisis, Sosiologi, Ekonomi, Fotogrametri dan ilmu ukur tanah dan mata kuliah lanjutan sesuai dengan spesialisasi yang disebutkan tadi.
Lapangan kerja bagi lulusan pendidikan geografi antara lain seperti PPLH, atau pada bidang yang membutuhkan studi potensi wilayah, seperti Bappenas, Bappeda dan sebagainya atau dapat juga pada kegiatan pembangunan yang membutuhkan studi potensi wilayah, seperti perusahaan konsultan pembangunan, Departemen PU dan sebagainya.

GEOLOGI
Adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang bentuk, struktur, dinamika, sejarah dan batuan pembentuk dari lapisan kerak bumi. Dan perkembangannya ilmu Geologi menurunkan banyak cabang-cabang ilmu yang spesifik seperti: Vulkanologi, Paleontologi dan sebagainya. Kurikulum pendidikan Geologi antara lain meliputi mata kuliah : Mineralogi, Kristalografi, Geomorfologi, Petrologi, Petrografi, dan sebagainya.
Lapangan pekerjaan bagi lulusan sarjana Geologi antara lain pada lembaga-lembaga penelitian seperti: LGPN (Lembaga Geologi dan Pertambangan Nasional) atau pada lembaga-lembaga pendidikan.

STATISTIKA
Pengetahuan tentang metode untuk membuat keputusan berdasarkan bukti-bukti yang berupa catatan bilangan. Hampir semua cabang ilmu menggunakan statistika baik ilmu eksakta maupun sosial. Ilmu yang dipelajari dalam statistika dapat dikelompokkan ke dalam dua bidang keilmuan yaitu statistika murni dan statistika terapan.
Statistika murni menitikberatkan pada dasar-dasar, teori-teori yang senantiasa perlu dikembangkan sesuai dengan tuntutan zaman. Sedangkan statistika terapan menitikberatkan pada pemanfaatan sifat, rumus-rumus, dalil metode untuk kepentingan berbagai bidang pengetahuan. Lapangan pekerjaan: Lembaga Penelitian, Biro Pusat Statistika dan sebagainya.

bersambung..

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar