Pages

Subscribe:

Selasa, 16 September 2014

CRYPTOLOCKER: Virus Komputer Paling Ditakuti Saat Ini

Share on :
 


Jika di dunia nyata kado awal tahun adalah hujan dan banjir air, maka di dunia maya selain Flappy Bird yang ngetop juga diramaikan dengan adalah munculnya virus CryptoLocker (Trojan.GenericKD.1492946) dengan mengenkripsi setiap data yang di jumpai baik yang berada di komputer lokal maupun yang berada di folder/drive yang di mapping (dengan akses Full control). Oleh karena itu sebelum terjadi hal yang tidak di inginkan sebaiknya kita waspada dengan melakukan pencegahan terhadap kemungkinan tersebut. Seperti apa bentuk pencegannya?? Silahkan anda baca artikel ini sampai selesai J.
Sebagai informasi, Virus CryptoLockersebenarnya sudah muncul sejak bulan September 2013 pertama kali muncul di Ukraina dan dari pantauan Vaksincom Cryptolocker sudah menjadi Clear and Present Danger alias ancaman jelas dan nyata bagi pengguna komputer di Indonesia.
Jika Arjuna memiliki senjata pamungkas Pasopati yang hanya bisa digunakan satu kali saja untuk mengalahkan Karna, maka Cryptolocker memiliki senjata pamungkas yang tidak kalah sakti dan bisa digunakan berkali-kali untuk mengenkripsi data komputer korbannya. Senata tersebut adalah enkripsi RSA 2048 bit.
Cryptolocker biasanya akan datang melalui email dalam bentuk lampiran yang terkompresi  (ZIP/RAR) di mana di dalam file yang terkompresi berisi sebuah file dengan nama acak dan mempunyai ekstensi ganda, ia akan memanfaatkan icon PDF dengan ekstensi PDF.EXE.
Secara default ekstensi file akan di sembunyikan oleh Windows, hal inilah yang di manfaatkan oleh virus untuk mengelabui user sehingga file yang terlihat seolah-olah sebuah file PDF
File lampiran email tersebut akan mempunyai ciri-ciri:
  • Nama file acak
  • Mempunyai ekstensi ganda (PDF.EXE)
  • Menggunakan icon PDF
  • Ukuran file 100 KB (sesudah di extract) atau 70 KB (sebelum di extract)

Eknripsi file
Aksi yang dilakukan oleh CriptloLocker adalah mengenkripsi file yang ada di komputer lokal (komputer yang sudah terinfeksi) dengan ekstensi yang sudah ditentukan dengan menggunakan RSA-2048.
Selain enkripsi file yang berada di komputer yang sudah terinfeksi, CryptoLocker juga akan mengenkripsi file pada Drive/Folder yang di mapping yang mempunyai akses full control. Menurut pengetesan Laboratorium virus Vaksincom, Cryptolocker hanya mengenkripsi semua fullsharing yang dimapping dan tidak mengenkripsi Drive/Folder/File yang di share tetapi tidak di mapping.
Berikut beberapa ekstensi file yang akan di enkrip oleh CryptoLocker
*.odt, *.ods, *.odp, *.odm, *.odc, *.odb, *.doc, *.docx, *.docm, *.wps, *.xls, *.xlsx, *.xlsm, *.xlsb, *.xlk, *.ppt, *.pptx, *.pptm, *.mdb, *.accdb, *.pst, *.dwg, *.dxf, *.dxg, *.wpd, *.rtf, *.wb2, *.mdf, *.dbf, *.psd, *.pdd, *.eps, *.indd, *.cdr, *.dng, *.3fr, *.arw, *.srf, *.sr2, *.bay, *.crw, *.cr2, *.dcr, *.kdc, *.erf, *.mef, *.mrw, *.nef, *.nrw, *.orf, *.raf, *.raw, *.rwl, *.rw2, *.r3d, *.ptx, *.pef, *.srw, *.x3f, *.der, *.cer, *.crt, *.pem, *.pfx, *.p12, *.p7b, *.p7c
Jika data anda sudah dienkrip oleh Cryptolocker, maka anda tidak akan bisa membuka data tersebut danhanya akan mendapatkan data yang sudah di enkrip oleh Cryptolocker.

Membayar Tebusan
Setiap kali CryptoLockerberhasil menjalankan aksinya mengenkripsi semua data komputer korbannya, ia akan memunculkan pesan ?Your Personal files are Encrypted? (lihat gambar10) secara terus menerus. Hal ini secara tidak langsung menyebabkan komputer yang terinfeksi menjadi lambat.

Data yang dienkrip tidak dapat didekrip ?
Kabar buruknya, karena bagusnya pengamanan enkripsi RSA 2048 yang digunakan sebagai standar enkripsi https oleh penyedia jasa internet dunia seperti Google, Facebook dan Yahoo. Hampir mustahil untuk mendekrip file yang dienkrip tanpa private key yang digunakan untuk enkripsi data. Dan private key untuk dekrip file tersebut hanya di miliki oleh si pembuat virus, Anda hanya diberikan waktu selama 72 jam atau 3 hari sejak komputer pesan permintaan tebusan ditampilkan untuk menghubungi si mpunya virus guna mendapatkan kembali data anda. Namun Private Key tidak akan diberikan secara gratis, tetapi anda harus membayar US $ 300 yang dapat di kirim melalui MoneyPak atau Bitcoin. Jika melewati batas waktu yang telah ditentukan maka Private Key tersebut akan dihapus dan secara teknis data anda akan hilang selamanya.
Untuk memastikan korbannya menyadari bahwa datanya dienkrip. CryptoLockerjuga akan menampilkan pesan lain dengan cara mengganti Wallpaper Windows dengan file wallpaper yang di simpan di direktori  berikut dengan nama file acak.
NB: pembahasan lebih lengkap dan cara penanggulangannya dapat dibaca pada sumber aslinya: VAKSIN.COM

SEMOGA BERMANFAAT

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar